Bagikan

KEMENPAREKRAF
Thu, 12 Oct 2023

Laporan Akhir - Evaluasi Kesiapan Implementasi Pariwisata Tangguh & Berkelanjutan Dalam Pengembangan Desa Wisata Di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP)
Kuliner Kriya Ekonomi Kreatif Pemasaran dan Event Industri dan Investasi Sumber Daya dan Kelembagaan Destinasi dan Infrastruktur Pariwisata

Kajian Evaluasi Implementasi Pariwisata Tangguh dan Berkelanjutan dalam Pengembangan Desa Wisata di 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas ini menyajikan latar belakang, tujuan, sasaran, ruang lingkup, dan pendekatan kajian serta rencana lokasi kajian yang ditetapkan. Dilengkapi kerangka konseptual yang mengulas tentang keberadaan destinasi super prioritas, desa wisata, serta dua pedoman/regulasi yang dievaluasi yaitu, pedoman destinasi pariwisata berkelanjutan dan pedoman manajemen krisis kepariwisataan. Selanjutnya, dikupas metodologi menjelaskan lokus, justifikasi lokasi yang digunakan sebagai pilot project serta cara analisis yang dijalankan. Dilengkapi pembahasan sepuluh profil desa wisata dan hasil olahan data yang diperoleh dari masing-masing desa wisata. Di bagian akhir, coba merumuskan kerangka kerja pengembangan desa wisata yang tangguh dan berkelanjutan, khususnya untuk lima framework, meliputi: pembiayaan usaha berkelanjutan, pengelolaan lingkungan, mitigasi bencana alam dan non-alam, pengelolaan sosio-kultural dan partisipasi masyarakat, dan kolaborasi antar stakeholder.

114 605
Tags : pariwisata desa wisata ekonomi kreatif 5dsp laporan akhir pengembangan desa wisata
Kajian Terkait
Komentar (0)